Senin, 03 September 2012

MINYAK ZAITUN

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh terutama polifenol dan asam oleik yang terkandung menjadikan minyak zaitun terkenal sebagai minyak yang sehat. Minyak ini mempunyai berbagai kandungan senyawa atau zat antara lain yaitu vitamin K, vitamin E, minyak virgin, kalsium, potasium, zat besi, asam lemak esensial, asam oleat, polifenol, mono unsaturated, asam lemak tak jenuh poli/mono, asam lemak jenuh (asam arachidat, asam miristat, asam palmitat, asam stearat, dan lignoserat dengan kadar yang sedikit), dan unsur atau zat lainnya.

Manfaat Minyak Zaitun untuk Kecantikan

1. Dijadikan sebagai bahan lulur
Sel-sel kulit yang mati akan terkelupas dan kulit akan tampak lembab nan lembut dengan minyak zaitun. Caranya gunakan campurkan gula, garam, dan minyak zaitun sebagai lulur.

2. Melembutkan kulit kaki
Oleskan minyak zaitun di daerah kaki secara merata sebelum tidur agar kulit kaki terasa halus dan lembut. Ada baiknya pakai kaos kaki supaya minyak zaitunnya meresap secara sempurna. Lakukan secara rutin agar lebih cepat terasa khasiatnya untuk melembutkan kulit kaki.

3. Merawat Kuku dan Tangan
Cukup usapkan minyak zaitun pada daerah tangan dan kuku agar tangan dan kuku tampak lebih sehat. Perawatan ini cocok bagi anda yang ingin berhemat karena biayanya sangat terjangkau jika dibandingkan perawatan di salon kuku dan kulit.

4. Masker anti penuaan
Minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk masker wajah. Caranya cukup dengan mengoleskannya pada wajah kecuali mata. Diamkan kurang lebih selama satu menit kemudian basuh dengan menggunakan air hangat. Dengan melakukan hal ini akan membuat kulit wajah anda tampak lebih muda karena minyak ini memiliki fungsi untuk masker anti penuaan.

5. Merawat Rambut
Resapkan minyak zaitun ke handuk hangat lalu letakkan handuk pada rambut dan diamkan kurang lebih selama 20 menit kemudian cuci hingga bersih. Dengan melakukan hal tersebut rambut yang terlihat kering akan menjadi tampak lebih lembab. Jika anda memiliki rambut yang tebal disarankan menggunakan minyak zaitun untuk melebutkan rambut anda yang tampak kaku.

6. Mengurangi dengkuran saat tidur
Minyak zaitun dipercaya dapat mengurangi rasa gatal pada tenggorokan dan mengurangi dengkuran saat tidur dengan cara menenggaknya sebelum tidur karena hal tersebut dapat memberikan lubrikasi di otot tenggorokan.

7. Sebagai Minyak Pijat
Ketika pijat, anda dapat meminta kepada tukang pijat anda untuk menggunakan minyak zaitun sebagai minyak urut. Manfaat yang akan kita dapatkan yaitu melembabkan dan menghaluskan kulit serta memberikan kehangatan dan tidak berbau.

8 . Minyak Zaitun dan Kanker Payudara
Sebuah studi yang dipublikasikan di bulan November 1995 dan dilakukan terhadap 2.564 wanita yang terkena kanker payudara, menegaskan bahwa ada korelasi terbalik antara kemungkinan terjadinya kanker payudara dengan pengkon-sumsian minyak zaitun, dan bahwa banyak mengkonsumsi minyak zaitun memberikan andil dalam melindungi seseorang dari serangan kanker payudara. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Majalah Archives of Internal Medicine edisi Agustus 1998 M menegaskan bahwa pengkonsumsian sesendok makan minyak zaitun setiap hari bisa mengurangi bahaya terjadinya kanker payudara sampai pada kadar 45%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar